Section 3 Application 8.Syllabus (Silabus) 1.What do we mean by a syllabus ? (Apa yang dimaksud dengan silabus ?) Silabus adalah dokumen yan...
Section 3 Application
8.Syllabus (Silabus)
1.What do we mean by a syllabus ? (Apa yang dimaksud dengan silabus ?)
Silabus adalah dokumen yang menyatakan apa yang akan atau sedikitnya apa yang akan dipelajari.
a.Silabus Evaluasi
Menyatakan kesuksesan pelajar akan diketahui di akhir kursus. Pengaruhnya, mencatat dasar pada kesuksesan atau kegagalan akan dievaluasi.
b.Silabus Organisasional
Membawa asumsi mengenai pembelajaran alami bahasa dalam mengatur item dalam silabus yang merupakan kebutuhan untuk memikirkan faktor-faktor yang tergantung berdasarkan sudut pandang seseorang.
c.Silabus Material
Dalam materi penulisan, penulis menambahkan asumsi lebih mengenai bahasa alami, bahasa pembelajaran dan penggunaan bahasa. Penulis memutuskan konteks bahasa yang akan muncul, pentingnya hubungan dan integrasi keterampilan, sejumlah dan jenis latihan-latihan untuk digunakan dalam beberapa aspek, tingkatan pengulangan atau perbaikan.
d.Silabus Guru
Guru berpengaruh terhadap kejelasan, intensitas, dan frekuensi beberapa soal dan dengan cara demikian mempengaruhi gambaran yang pelajar terima.
e.Silabus Kelas
Sifat pelajaran yang dinamis, lingkungan interaktif berpengaruh pada apa yang diajarkan dan apa yang dipelajari.
f.Silabus Pelajar
Jaringan pengetahuan yang berkembang dalam otak pelajar dan yang memungkinkan pelajar untuk memahami dan menyimpan pengetahuannya.
2.Why do we have a syllabus ? (Mengapa kita harus memiliki silabus ?)
Ada bebrapa alasan mengapa kita harus memiliki silabus :
a.Silabus memberikan dasar praktis untuk pembagian penilaian, buku teks, dan waktu belajar.
b.Silabus memberikan dukungan moral kepada guru dan pelajar dengan mengelolanya. Hal ini penting ketika ada iklan sponsor yang terlibat.
3.On what criteria can a syllabus be organised ? (Pada Kriteria apa Silabus bisa diatur ?)
Tujun utama dari silabus adalah untuk memrinci kumpulan pengetahuan untuk dipelajari dalam unit yang dapat diatur. Hal ini berdasarkan pada kriteria :
a.Silabus Topik
b.Silabus Struktural
c.Silabus Fungsional
d.Silabus Keterampilan
e.Silabus Situsional
f.Silabus berdasarkan Tugas
g.SilabusWacana
h.Keterampilan dan Strategi
Masing-masing silabus mewakili percobaan yang benar untuk memerinci kumpulan area pengetahuan dalam unit yang dapat diatur.
4.What role should a syllabus play in the course design process ? (Aturan apa yang Silabus mainkan dalam proses desain kursus ?)
a.Pendekatan yang berorientasi pada Bahasa
Inspirasi untuk memproduksi teks dan latihan didasarkan pada keahlian yang akan dievaluasi.
b.Pendekatan yang berorientasi pada Keterampilan
Silabus bukanlah generator utama, seperti ada tingkatan negosiasi antara teks dan keterampilan.
c.Pendekatan yang berorientasi pada Pembelajaran
Silabus harus digunakan dalam cara yang lebih dinamis untuk memungkinkan pertimbangan secara metodologikal, seperti ketertarikan, kesenangan, keterlibatan pelajar untuk mempengaruhi konten dari seluruh desain kursus.
d.Pendekatan Pos Hoc
Cara ini adalah cara terakhir dari penggunaan silabus, yang mungkin lebih luas dari apa yang telah kita kira.
Semoga artikel ini bermanfaat