Need analysis (Analisa Kebutuhan)

6.Need analysis (Analisa Kebutuhan) Apa yang membedakan ESP dari bahasa Inggris Umum bukan adanya kebutuhan seperti yang telah disebutkan te...

6.Need analysis (Analisa Kebutuhan)

Apa yang membedakan ESP dari bahasa Inggris Umum bukan adanya kebutuhan seperti yang telah disebutkan tetapi terletak pada kesadaran dari kebutuhan tersebut. Jika pelajar sebagai pendukung dan guru tahu mengapa mereka membutuhkan bahasa Ingrris.
Kesadaran itulah yang akan memberikan pengaruh pada apa yang akan diterima sebagai konteks yang layak dalam kursus bahasa, dan disisi lain, apa yang menjadi potensi bisa digali.
Dalam penedekatan yang berorientasi pada pembelajaran, analisa kebutuhan berdasarkan pada apa yang dibutuhkan pelajar dari situasi target.


1.What are target needs ? (Target seperti apa yang dibutuhkan ?)
‘Kebutuhan target’ adalah suatu istilah umum yang dalam prakteknya menyembunyikan sejumlah perbedaan penting.
a)Kebutuhan
Apa yang pelajar miliki untuk mengetahui fungsi secara efektif dalam situasi target.
b)Kekurangan
Pelajar harus tahu apa yang telah diketahuinya, sehingga mereka bisa memutuskan kebutuhan dari kekurangannya.
c)Keinginan
Pelajar akan memiliki kebutuhan yang jelas terhadap kekurangan yang mereka miliki. Siswa diberikan kursus ESP berdasarkan pada teks spesialisasi subjek mereka.

2.Gathering information about target needs (Sekumpulan Informasi Mengenai Kebutuhan Target)
Ada beberapa cara dimana informasi bisa dikumpulkan Cara yangpaling sering digunakan adalah :
1.Kuisioner
2.Wawancara
3.Penelitian
4.Pengumpulan data
5.Konsultasi informasi dengan sponsor, pelajar dan yang lainnya
Analisa kebutuhan situasi target adalah dalam pokok masalah dari permintaan pertanyaan tentang situasi target dan sikap terhadap situasi dari berbagai peserta dalam proses pembelajaran.

3.Learning needs (Kebutuhan Pembelajaran)
Analisa situasi target bisa menentukan tujuan, juga dapat bertindak sebagai kompas dalam perjalanan untuk memberikan arah umum, diibaratkannya, kita harus memilih rute yang sesuai dengan kendaraan dan panduan yang tersedia (yaitu kondisi situasi pembelajaran), dimana ada jalan dalam pikiran peserta didik (yaitu, pengetahuan, keterampilan dan strategi) dan motivasi pelajar untuk bepergian.

4.Analysing learning needs (Menganalisa Kebutuhan Pelajar)
Kerangka kerja untuk menganalisa kebutuhan pembelajaran
Mengapa peserta didik mengambil kursus? Bagaimana peserta didik belajar? Sumber daya apa yang tersedia? Siapa peserta didik? Dimana akan kursus ESP berlangsung? Ketika akan kursus ESP berlangsung?


Semoga artikel ini bermanfaat

COMMENTS

Name

Aktifitas Artikel Biodata blog 1 Buku D3 Do'a ESP ESQ Game Mobile Hack Hari Penting Hikmah Hitung Cepat Internet Jarimatika Java Joomla Jurnal Kampus Kata Bijak KKN Linux Lirik Lagu Man. Qalbu Media Belajar Motivator Multimedia News PBO Pekerjaan Personal Sejarah Kebangsaan Sekolah SMP N 1 Ciledug Strees Study Tempat Magang Tes Potensi Akademik Tips n Trik Tugas ISBD Umum Universitas Brawijaya
false
ltr
item
Media Publikasi: Need analysis (Analisa Kebutuhan)
Need analysis (Analisa Kebutuhan)
Media Publikasi
http://mediapub-iid.blogspot.com/2015/11/need-analysis-analisa-kebutuhan.html
http://mediapub-iid.blogspot.com/
http://mediapub-iid.blogspot.com/
http://mediapub-iid.blogspot.com/2015/11/need-analysis-analisa-kebutuhan.html
true
5346827114984808182
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy