3.ESP : Approach not product (ESP : Pendekatan Bukan Produk) Diagram pohon ELT menunjukan bahwa ESP merupakan satu satunya cabang dari EFL/E...
3.ESP : Approach not product (ESP : Pendekatan Bukan Produk)
Diagram pohon ELT menunjukan bahwa ESP merupakan satu satunya cabang dari EFL/ESL dimana cabang utamanya adalah ELT pada umumnya. Hal ini juga merupakan kunci komunikasi dan pembelajaran. Sepatutnya ESP bukanlah produk fakta bahasa tetapi sebagai pembelajaran untuk mengajar bahasa yang ditunjukkan dengan spesifik dan alasan jelas untuk belajar.
Analogi pohon dapat membantu kita untuk sedikit lebih dekat dengan definisi ESP tidak begitu banyak dengan menunjukkan apa ESP, melainkan dengan menunjukkan apakah itu ESP atau tidak.
a)ESP bukanlah soal ‘varietas khusus’ pengajaran bahasa Inggris. Bahasa digunakan untuk tujuan spesifik bukan bentuk khusus bahasa, berbeda jenis dari bentuk yang lain.
b)ESP bukan hanya masalah kata kata ilimiah dan tata bahasa untuk para ilmuwan
c)ESP tidak berbeda dalam jenisnya dari beberapa bentuk lain dalam mengajar bahasa.
Maka disimpulkan bahwa ESP merupakan pendekatan mengajar bahasa yang mana semua ketegasannya sebagai kandungan dan metode berdasarkan pada alasan pelajar untuk mempelajarinya.
Semoga artikel ini bermanfaat
Diagram pohon ELT menunjukan bahwa ESP merupakan satu satunya cabang dari EFL/ESL dimana cabang utamanya adalah ELT pada umumnya. Hal ini juga merupakan kunci komunikasi dan pembelajaran. Sepatutnya ESP bukanlah produk fakta bahasa tetapi sebagai pembelajaran untuk mengajar bahasa yang ditunjukkan dengan spesifik dan alasan jelas untuk belajar.
Analogi pohon dapat membantu kita untuk sedikit lebih dekat dengan definisi ESP tidak begitu banyak dengan menunjukkan apa ESP, melainkan dengan menunjukkan apakah itu ESP atau tidak.
a)ESP bukanlah soal ‘varietas khusus’ pengajaran bahasa Inggris. Bahasa digunakan untuk tujuan spesifik bukan bentuk khusus bahasa, berbeda jenis dari bentuk yang lain.
b)ESP bukan hanya masalah kata kata ilimiah dan tata bahasa untuk para ilmuwan
c)ESP tidak berbeda dalam jenisnya dari beberapa bentuk lain dalam mengajar bahasa.
Maka disimpulkan bahwa ESP merupakan pendekatan mengajar bahasa yang mana semua ketegasannya sebagai kandungan dan metode berdasarkan pada alasan pelajar untuk mempelajarinya.
Semoga artikel ini bermanfaat