2.The development of ESP (Perkembangan ESP) Dalam perkembangannya, kini ESP telah mengalami dalam lima frase perubahan. Dimana kita akan men...
2.The development of ESP (Perkembangan ESP)
Dalam perkembangannya, kini ESP telah mengalami dalam lima frase perubahan. Dimana kita akan mengetahui lebih detail dari pembahsan sebelumnya mengenai ESP. Dalam perkembangannya, EST memiliki peranan dalam perkembangan ESP, yang mana menjadi satu area penting dalam perkembangan ESP. Dengan kata lain, perkembangan EST mengilustrasikan perkembangan ESP pada umumnya.
1.The concept of special language : register analysis (Konsep bahasa khusus : daftar analisis)
Hal ini difokuskan pada lexical tata bahasa, dimana lexical tata bahasa didalam ESP lebih tinggi dibandingkan dalam bahasa Inggris Umum. Tujuan dari analisis ini adalah untuk menghasilkan silabus yang memberikan prioritas tinggi terhadap bentuk-bentuk bahasa siswa.
2.Beyond the sentence:rhetorical or discourse analysis (Di Luar Kalimat:analisis retorika atau wacana)
Jika pada tahap pertama perkembangannya difokuskan pada tingkat kalimat, maka di tahap kedua dialihkan perhatiannya ke tingkat di atas kalimat, seperti ESP lebih dekat dengan bidang yang muncul ari wacana atau analisa retorika.
3.Target situation analysis (Analisa Situasi Target)
Situasi target adalah situasi dimana si pembelajar akan menggunakan bahasa yang sedang mereka pelajari.
4.Skill and strategies (Keterampilan dan Strategi)
Dibutuhkan keterampilan dan strategi untuk memahami teks, bukan hanya memikirkan bahasa itu sendiri tetapi juga memikirkan mengenai proses penggunaan bahasa. Sementara strategi yang digunakan adalah dengan memperkirakan arti kata-kata dalam sebuah konteks kalimat secara keseluruhan.
5.A learning-centred approach (Pendekatan yang Berorientasi pada Pembelajaran)
Semua yang telah diuraikan berdasarkan pada penggambaran penggunaan bahasa. Dalam tahapan keterampilan dan strategi, perhatian terletak pada apa yang orang lakukan dengan bahasa. Tapi perhatian dalam ESP bukan terletak pada penggunaan bahasa, meskipun akan membantu untuk menentukan tujuan kursus.perhatian kita adalah pada belajar bahasa, ESP berdasarkan pemahaman dari proses belajar karena itu merupakan pendekatan yang paling benar.
Semoga artikel ini bermanfaat
Dalam perkembangannya, kini ESP telah mengalami dalam lima frase perubahan. Dimana kita akan mengetahui lebih detail dari pembahsan sebelumnya mengenai ESP. Dalam perkembangannya, EST memiliki peranan dalam perkembangan ESP, yang mana menjadi satu area penting dalam perkembangan ESP. Dengan kata lain, perkembangan EST mengilustrasikan perkembangan ESP pada umumnya.
1.The concept of special language : register analysis (Konsep bahasa khusus : daftar analisis)
Hal ini difokuskan pada lexical tata bahasa, dimana lexical tata bahasa didalam ESP lebih tinggi dibandingkan dalam bahasa Inggris Umum. Tujuan dari analisis ini adalah untuk menghasilkan silabus yang memberikan prioritas tinggi terhadap bentuk-bentuk bahasa siswa.
2.Beyond the sentence:rhetorical or discourse analysis (Di Luar Kalimat:analisis retorika atau wacana)
Jika pada tahap pertama perkembangannya difokuskan pada tingkat kalimat, maka di tahap kedua dialihkan perhatiannya ke tingkat di atas kalimat, seperti ESP lebih dekat dengan bidang yang muncul ari wacana atau analisa retorika.
3.Target situation analysis (Analisa Situasi Target)
Situasi target adalah situasi dimana si pembelajar akan menggunakan bahasa yang sedang mereka pelajari.
4.Skill and strategies (Keterampilan dan Strategi)
Dibutuhkan keterampilan dan strategi untuk memahami teks, bukan hanya memikirkan bahasa itu sendiri tetapi juga memikirkan mengenai proses penggunaan bahasa. Sementara strategi yang digunakan adalah dengan memperkirakan arti kata-kata dalam sebuah konteks kalimat secara keseluruhan.
5.A learning-centred approach (Pendekatan yang Berorientasi pada Pembelajaran)
Semua yang telah diuraikan berdasarkan pada penggambaran penggunaan bahasa. Dalam tahapan keterampilan dan strategi, perhatian terletak pada apa yang orang lakukan dengan bahasa. Tapi perhatian dalam ESP bukan terletak pada penggunaan bahasa, meskipun akan membantu untuk menentukan tujuan kursus.perhatian kita adalah pada belajar bahasa, ESP berdasarkan pemahaman dari proses belajar karena itu merupakan pendekatan yang paling benar.
Semoga artikel ini bermanfaat